Jumat, 22 Oktober 2010

Mac Apple Tidak Lagi Dilengkapi Adobe Flash Player

Apple Inc hari Jumat mengatakan tidak lagi mengapalkan  komputer Mac dengan pra-instal pemutar Flash Adobe Systems Inc, saat perusahaan itu terus membangun hambatan untuk perangkat lunak itu.

Namun, Apple tidak melarang perangkat lunak Flash dari komputernya - seperti yang telah dilakukan pada iPhone dan iPad. Pengguna masih dapat mengunduh dan menginstal Flash player, yang secara luas digunakan untuk melihat video di Web.

Apple telah secara terbuka memusuhi Flash dan Steve Jobs telah mengkritiknya sebagai program rakus baterai.

Selain itu, Apple telah melarang pengembang menggunakan Flash untuk membangun aplikasi di perangkat mobile-nya, tetapi perusahaan mengalah bulan lalu dalam rangka menghadapi pengawasan dari regulator AS.

Apple hari Rabu memperkenalkan versi terbaru laptop ultra-tipis MacBook Air. Komputer itu dikirim tanpa perangkat lunak Flash terinstal, sebagaimana semua komputer Mac di masa depan, menurut Apple.

Juru bicara Apple Bill Evans mengatakan Apple hanya ingin memastikan pengguna memiliki versi terbaru dari perangkat lunak itu, yang memang sering diperbarui.

"Kami senang untuk terus mendukung Flash pada Mac dan cara terbaik bagi pengguna untuk selalu memiliki versi paling baru dan paling aman adalah dengan mengunduh langsung dari Adobe," katanya.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim lewat email, juru bicara Adobe mengatakan: "Seperti biasa, Adobe menyarankan agar pengguna mengunduh versi paling baru dari Adobe Flash Player dari Adobe.com."

Saham Apple jatuh 0,7 persen pada US$ 307,47, sedangkan saham Adobe naik 1,8 persen menjadi US$ 28,21.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar